Support us by clicking this ad

Minggu, 09 Oktober 2011

Koneksi Jaringan LAN Lambat

Sudah 1 minggu ini jaringan LAN (Local Area Network) di kantor saya tiba-tiba saja menjadi lambat dan berat. hal ini berakibat komputer client sulit untuk print ke printer yang di sharing saja menjadi lama dan akhirnya yang terjadi bosan menunggu hasil print-an. Karena kelamaan menunggu, iseng coba buka internet (koneksi dikantor saya menggunakan Speedy dengan paket unlimited sehingga kecepatannya jangan ditanya jika dalam keadaan normal).
Saat membuka internet tiba-tiba muncul pesan "page cannot display" alias internet tidak tersambung. waduh... kenapa ya? ternyata tidak sampai di situ saja, koneksi dari komputer client ke server untuk membaca program kantor pun ikut terhambat, dampaknya bagian kasir kesulitan untuk membuka program apalagi mencetak print kwitansi pembayaran (Emergency Mode: ON). sekedar informasi koneksi internet dikantor saya sangat bebas penggunaannya tidak hanya komputer client tetapi juga komputer server, efeknya sudah pasti virus merajalela.
setelah cek sana-sini dan utak-atik sana-sini dan tidak berhasil akhirnya saya menerapkan beberapa solusi awal:
1. Mencoba Merestart jaringan LAN dengan cara mematikan powernya kemudian di hidupkan kembali (istilah kerennya: disco-reco alias disconnect-reconnect). Ternyata cara ini tidak berhasil juga.
2. Mencoba Merestart Modem Speedy dengan cara disco-reco juga. Ternyata cara ini juga tidak berhasil juga.
3. Mencoba menukar kabel LAN penghubung dari Modem ke Ethernet karena bisa saja kemungkinannya kualitas kabel sudah tidak layak atau bisa juga pada saat crimping kabel ke socketnya tidak benar sehingga mengakibatkan kualitas kabel tidak bagus bahkan tidak ada konektifitas sama sekali. Cara ini pun tidak berhasil, waduh... akhirnya kepala cenat-cenut dan kepikiran terus ditambah lagi volume kerjaan yang mengantri yang ada akhirnya masalah ini membuat saya susah tidur.
4. Memeriksa antivirus yang ada di server (kebetulan pakai antivirusnya Clamwin Antivirus For Server dan AVG Antivirus Crack-an hehehehe) kemudian saya mencoba melihat di Folder Quarantine/Vaultnya, disitu saya melihat ada beberapa file yang memang virus/terkontaminasi virus. kemudian beberapa file yang saya duga adalah bagian dari program saya restore kemudian Clamwin Antivirusnya saya uninstall. Hasilnya lumayan menggembirakan, program yang mulanya tidak bisa diakses dari server kini bisa diakses, hanya saja tidak bisa full akselerasi seperti sebelum trouble tapi lumayanlah Kasir bisa mulai melayani kembali walau harus bolak-balik menekan CTR+ALT+DEL kemudian End Now Program terus komputer client harus di restart lagi.
5. Ada kemajuan pada cara ke-4 diatas kemudian saya mencoba membagi koneksi dari semula semuanya terkoneksi ke Ethernet utama (kapasitas 24 port) dengan menambahkan Ethernet lain yang lebih sedikit (hanya 8 port) kemudian saya mencoba tidak menghubungkan internet ke Ethernet ini yang penting Kasir bisa kembali melayani kembali, ternyata cara ini berhasil hanya saja agak repot harus install ulang printer ke komputer yang tidak terkoneksi ke internet ini (hanya terhubung ke server saja). Saya pun sedikit lega dengan keberhasilan ini walau masih penasaran dengan penyebab utama masalah ini.
6. Berdasarkan keberhasilan cara ke-5 tersebut akhirnya saya mengusulkan agar kantor membeli Ethernet (hub) baru untuk memisahkan koneksi antara LAN dari server dengan LAN yang terkoneksi ke modem. Setelah menempuh cara ini ternyata cukup efektif untuk meredam bad connection dari server ke client sehingga aktifitas yang berkaitan dengan penggunaan program dan koneksi ke server sudah bisa dilakukan hanya saja terpaksa harus menambah LAN Card di masing-masing komputer client dan disetting terlebih dahulu. Untuk cara mensetting 1 komputer dengan 2 koneksi jaringan LAN akan saya bahas pada postingan berikutnya. Setelah pemisahan jaringan antara jaringan yang ada programnya dengan jaringan untuk koneksi ke internet dan berhasil ternyata tidak cukup sampai disitu, masalah lainnya timbul yaitu: koneksi LAN dari modem ke client ternyata tetap tersendat-sendat bahkan hilang. setelah mencari tau penyebabnya dan tes koneksi langsung dari modem ke salah satu komputer ternyata tidak ada masalah. Nah lho... kenapa dong?
Setelah mencari tau sana-sini, utak-atik dan googling ternyata kesimpulan akhir mengarah kepada jaringan telah terinfeksi virus dengan jenis worm dan trojan. virus ini dapat masuk melalui beberapa cara yaitu:
- Aktiftas browsing situ-situs porno maupun games
- Donwload terutama download lagu
- Sering menggunakan flashdisk
7. Virus yang sudah menjangkiti koneksi jaringan LAN kantor saya telah mengakibatkan koneksi jaringan LAN menjadi sangat lambat bahkan hilang. cara kerja virus ini adalah dengan cara merusak port komputer client dan kemudian menduplikasi MAC address komputer client sehingga traffik jaringan terkesan menjadi penuh dan menjadi lambat bahkan disconnect. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi/menghindari virus-virus tersebut yaitu dengan cara:
- Shutdown modem dan Ethernet kemudian Install ulang semua komputer yang ada dalam jaringan (not recommended karena komputer client kebanyakan apalagi kalau di kantor)
- Jangan mencolokkan flashdik ke komputer yang terkoneksi ke LAN. hal ini dikarenakan Flashdisk sangat rentan sekali untuk terinfeksi virus dan menyebarkan virus ke komputer lainnya yang berada dalam koneksi jaringan LAN.
- Usahakan Operating System (OS) yang digunakan adalah OS original (selain mencegah serangan sporadis virus juga untuk meyelamatkan kantor anda agar tidak kena denda terutama pengguna Windows).
- Memasang antivirus untuk Network seperti: Kaspersky, Northon, dsb.jaringan lan lambat
- Memasang aplikasi wireshack untuk memantau traffic yang ada dalam koneksi LAN kantor agar dapat mengatur lalu lintas data dari koneksi modem ke jaringan LAN. Hal inilah yang saya lakukan karena lebih efisien. Setelah browsing, download dan install aplikasinya kemudian saya mulai menjalankan aplikasinya:
Hasilnya... jalur koneksi internetpun akhirnya bisa pulih kembali, mudah-mudahan saja modem dan koneksi jaringan LAN kantor saya kedepannya tidak lagi mengalami masalah.
SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERHASIL!

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...